Windows 10

10 Fitur Terbaru di Windows 10 yang Wajib Anda Pahami

10 Fitur Terbaru di Windows 10 – Sejak adanya Sistem Operasi Windows 7, kita dapat mengatur berbagai fitur untuk di hidupkan atau...

Written by Ulum · 5 min read >
Cover 10 Fitur Terbaru Windows 10

10 Fitur Terbaru di Windows 10 – Sejak adanya Sistem Operasi Windows 7, kita dapat mengatur berbagai fitur untuk di hidupkan atau tidak.

Hal ini juga tidak luput dari Sistem Operasi yang diusung Windows 10. Fitur yang sekiranya belum perlu digunakan, maka sebaoknya dinonaktofkan terlebih dulu.

Biasanya, yang paling sering dinonaktifkan adalah Internet Explorer. Karena tugasnya sudah tertangani oleh browser bernama Microsoft Edge.

Selain Internet Explorer, masih banyak lagi fitur Windows 10 yang dapat Anda Non-aktifkan. Diantaranya: Windows PowerShell, XPS Player, Windows Media Player, dan banyak lagi.

10 Fitur Terbaru di Windows 10

Berikut kami kenalkan kepada Anda beberapa Fitur terbaru di Windows 10 yang sangat mengagumkan.

Kalau minat segeralah memodif PC Windows 10 Anda.

Jika kinerjanya selama ini lamban, diatur ulang saja dengan pengaturan yang sudah kami bahas sebelumnya.

Periksa Cara Mengatur Ulang PC Windows 10 agar kembali berperforma maksimal.

Start Menu Returns

10 Fitur Terbaru di Windows 10 Start Menu Returns

Karena fitur ini kerap dipergunjingkan oleh para pencela Windows 8, akhirnya pihak Microsoft mengembalikan fitur Start Menu di windows 10.

Untuk sekarang ini, ketika Anda menekan tombol Start di sisi kiri bawah layar, Anda akan mendapati ada dua panel yang berdampingan.

Panel kolom kiri tersebut akan menampilkan aplikasi yang anda sematkan, paling sering anda jalankan dan baru-baru ini anda gunakan.

Tepat disisi atasnya Anda akan melihat tombol daya untuk beberapa opsi penting, seperti Standby, Shutdown, Hibernate dan opsi aplikasi lain ala Windows 8.

Panel kolom kanan menampilkan pilihan ubin hidup yang bisa anda atur, ubah ukurannya, dan setting ulang.

Tidak hanya itu saja, saat anda dalam tahap pencarian, akan muncul prediksi destinasi dari hasil yang terkait. Nampaknya ini terinspirasi dari sistem Windows 7.

Baiknya lagi, Anda juga bisa mengatur tampilan Menu agar menghampar ke layar penuh. Kapanpun Anda mau. Anda juga bisa meniadakan hal-hal yang tidak diperlukan tampil di Layar Mulai.

Cortana on Desktop

10 Fitur Terbaru di Windows 10 Cortana on Desktop

Di dekstop komputer, Windows 10 sekarang telah berasisten digital Microsoft yang menggunakan kontrol dengan memanfaatkan suara Cortana.

Fungsi tersebut akan memudahkan Anda dalam berinteraksi dengan perangkat Anda.

Bagaimana tidak. Dengan asisten baru tersebut, Anda bisa mengoperasikan sistem komputer cuma menggunakan intruksi suara. Canggih. Tanpa perlu mengangkat satupun jari.

Dengan bantuan fitur ini anda dapat melakukan segala pekerjaan melalui sistem perintah suara.

Baik pekerjaan mencari file di hard drive, mengambil foto dari tanggal tertentu, atau meluncurkan presentasi PowerPoint.

Semua dijalankan hanya dengan memberi tahu PC Anda lewat media suara.

Bahkan, Anda juga bisa membuat Cortana untuk mengirimkan email saat Anda sedang fokus mengerjakan spreadsheet. Tentunya dengan begini akan menjadikan kinerja multi-tasking terselesaikan dengan lebih mudah.

Xbox App

10 Fitur Terbaru di Windows 10 Xbox App

Dengan memanfaatkan aplikasi Xbox di Windows 10, Anda akan segera bisa memainkan game Xbox One apapun yang anda gemari.

Berkat adanya dukungan dari DirectX 12, Operasi sistem akan menjadikan streaming game Xbox meningkat lebih cepat.

Anda akan membuktikan sendiri bahwa kinerja grafis yang ia kerjakan sangat mengagumkan.

Aplikasi Xbox mampu menyesuaikan dengan pekerjaan yang sedang Anda lakukan. Seperti aktivitas merekam, mengedit, dan momen berbagi kemenangan pada fitur Game DVR.

Anda tentu sudah mengerti kinerja fitur Game DVR ini seperti apa.

Fitur ini sangat memungkinkan Anda untuk meraih keuntungan 30 detik dari permainan Anda sebelumnya.

Sehingga Anda tidak ketinggalan untuk meraih kemenangan lainnya yang tidak terduga.

Selain itu, Anda juga bisa ikut bergabung dengan teman-teman Anda di segala jenis permainan yang ada di platform Xbox.

Fitur ini juga mendukung anda untuk melihat langsung aktivitas teman-teman Anda melalui Xbox Live.

Project Spartan Browser

10 Fitur Terbaru di Windows 10 Project Spartan Browser

Sekarang Anda tidak perlu lagi terngiang-ngiang dengan Internet Explorer.

Karena peramban tersebut sudah lama dicibir dan telah digantikan dengan kemunculan jagoan baru. Ya, Project Spartan yang belum lama ini diumumkan.

Fitur ini memiliki berbagai dukungan, seperti PDF, mode baca dengan tata letak artikel panjang, dan fitur pencatatan baru.

Fitur pencatatan baru memungkinkan Anda untuk memodifikasi sedemikian rupa halaman yang akan Anda bagikan ke jejaring sosial.

Soal metode pembagian, dapat dilakukan melalui menu navigasi geser, sehingga Anda tidak perlu keluar dari browser.

Dahsyatnya lagi, Project Spartan akan menampilkan dukungan Cortana di dalam peramban.

Hal itu membuat Anda dapat menarik berbagai informasi kontekstual dari situs-situs yang telah Anda kunjungi. Seperti menavigasi ke restoran yang Anda cari ataupun mengecek jadwal penerbangan tanpa harus masuk ke kotak email terlebih dulu.

Improved Multitasking

Improved Multitasking

Fitur Multiple ini sangat memungkinkan Anda untuk menjalankan satu paket windows seolah-olah berada di layar lain, tetapi tanpa monitor fisik.

Sistem ini mirip dengan fitur Spaces Apple pada OS X, sehingga bisa mengelola banyak jendela dengan keadaan aplikasi terbuka.

Dengan beberapa jendela yang terbuka pada satu desktop, Anda dapat mengontrol seluruh virtual desktop lain agar program-program tersebut tetap berjalan stabil.

Anda tinggal mengatur satu sistem khusus yang berposisi pokok dan biarkan aplikasi Anda lainnya seperti Netflix dan Amazon terbuka.

Untuk melihat tampilan satu halaman dari semua aplikasi yang terbuka, Anda dapat menekan tombol Task View baru di bilah tugas atau menggeser masuk dari tepi kiri layar. Sistem kerja ini tidak jauh berbeda dengan pintasan kombinasi Alt-Tab pada keyboard Anda.

Akan tetapi cara kerja ini dapat menyajikan cara yang lebih nyaman bagi pengguna. Karena untuk mengetahui apa yang sedang berjalan, hanya berorientasi dengan sentuhan.

Microsoft juga telah melakukan perbaruan pada beberapa lini fitur multitasking Snap View. Sehingga anda dapat mengatur jendela aplikasi merapat ke empat sudut layar.

Walaupun Anda dapat membagi tampilan dengan beberapa aplikasi, jumlah program yang dapat Anda jalankan secara berdampingan dibatasi oleh resolusi layar perangkat Anda.

Bahkan sistem fitur akan memberikan saran kepada anda mengenai aplikasi apa yang dapat Anda gunakan untuk mengisi ruang yang tersedia. Fitur ini disebut dengan Snap Assist.

Universal Apps

Universal Apps

Untuk menjadikan style transisi lalu lintas lebih mulus, Microsoft memperkenalkan perangkat lunak baru yang disebut Universal Apps.

Aplikasi ini akan dengan terampil menyesuaikan menu antarmuka mereka ke perangkat Anda.

Pihak perusahaan juga telah menggabungkan hampit seluruh rangakaian aplikasi Universal dengan OS, termasuk Foto, Musik, Video, Calendar, Peta, Message dan Mail. Semuanya akan menyesuaikan diri dengan cekatan pada tablet, ponsel maupun PC.

Konten-konten akan disimpan dan dikustom melalui layanan cloud Microsoft OneDrive. Sehingga Anda dapat mengambilnya kembali di tempat Anda meninggalkannya pada perangkat lain.

Anda perlu tahu juga, bahwa aplikasi ini adalah merek terbaru. Jangan ragukan soal integritasnya.

Foto akan mengambil gambar dari PC dan perangkat seluler lalu mengatur, menyempurnakan, dan menyesuaikannya melalui OneDrive.

Bahkan sistem akan mendeteksi apakah terdapat duplikatnya atau tidak. Jika ditemukan duplikat, sistem hanya akan menyimpan satu salinan saja. Dan tentunya secara otomatis akan membuatkan album yang menarik untuk Anda.

Untuk aplikasi Mail telah dirombak menjadi versi Outlook. Versi ini sudah dilengkapi dengan editor berbasis Microsoft Word.

Office Apps Get Touch Support

Office Apps Get Touch Support

Versi terkini dari Office Word, Excel, PowerPoint dan Outlook akan menyediakan antarmuka dengan sistemisasi yang berupa sentuhan.

Pita fungsi yang berada di bagian atas aplikasi hanya akan muncul pada saat Anda membutuhkannya.

Di Outlook, sekarang Anda dapat menghapus pesan hanya dengan menggesernya ke arah kiri saja.

Aplikasi akan segera terlihat ketika Anda menggeserkan ikon bendera kearah kanan.

Continuum

Continuum

Semakin maraknya perangkat berjenis hybrid, Microsoft telah membuatkan formulasi agar ketika hendak berpindah ke mode lain dapat dilakukan dengan mudah.

Sistem akan sigap mendeteksi penyambungan keyboard atau mouse untuk melakukan peralihan agar interaksi menjadi lebih mudah.

Jika Anda memutuskan hubungan keyboard / mouse, akan muncul pertanyaan apakah Anda ingin mengaktifkan mode Tablet.

Saat Anda mengaktifkan mode tablet, Anda akan disambut dengan penggunaan sistem sentuh yang sangat nyaman.

Ketika Anda menyambungkan kembali tablet Anda ke keyboard, Anda akan disuguhi pertanyaan juga. Namun isinya menanyakan apakah Anda ingin keluar dari mode Tablet.

Action Center

Continuum

Untuk melihat semua pemberitahuan di satu tempat, windows 10 telah menyediakan metode baru.

Fitur metode ini menggantikan menu yang bertempat disisi kanan pada OS Windows 8.

Lokasi itu merupakan tempat dikumpulkannya beberapa peringatan yang ada di semua aplikasi dari perangkat Anda. Kalau dalam iOS dan Android, ini disebut dengan laci pemberitahuan.

Dari panel ini juga Anda bisa merespons setiap notifikasi yang berjalan di perangkat anda.

Action Center juga memberikan metode tersingkat untuk beralih opsi konektivitas dan penyettingan lainnya seperti kecerahan dan kontras layar.

Unified Settings / Control Panel

Unified Settings / Control Panel

Fitur ini merupakan formulasi yang berguna untuk mengontrol berbagai pengaturan pada Control Panel dan Pengaturan PC.

Dengan memanfaatkan fitur Unified Setting, Anda dapat mengelola perangkat Anda hanya dari satu tempat saja.

Demikian pembahasan mengenai 10 fitur terbaru di windows 10. Semoga bermanfaat. Terimakasih telah berkunjung.

Ikuti info lebih lanjut tentang perkembangan-peekembangan seputar windows dan berota teknologi lainnya. Agar mudah mengakses kembali situs ini, silahkan halaman ini diampan dalam bookmark.

Refleksi Pembahasan 10 Fitur Terbaru di Windows 10

Refleksi Pembahasan 10 Fitur Terbaru di Windows 10

Fitur-fitur yang sudah kami urai diatas merupakan fitur-fitur terbaru dari OS Windows 10.

Tentu fitur dan fasilitas lain masih banyak lagi.

Karena mungkin sekali pihak Microsoft akan terus menawarkan update-update beserta pengumuman adanya fitur-fitur baru.

Namun sekiranya Anda belum memerlukannya, maka jangan mengaktifkannya terlebih dulu.

Memang semua update dapat diunduh dengan gratis bagi pengguna OS Windows orisinil.

Namun kalau memang Anda masih nyaman dengan fitur-fitur yang Anda gunakan saat ini, maka jadwal instalasi update bisa anda undur lebih dulu.

Sekian dulu semoga bermanfaat. Terimakasih telah berkenan mampir berkunjung di portal ini.

Written by Ulum
Pemuda kampung pengidap insomnia sekaligus penikmat keheningan malam. Profile
Cover Cara Mengatur Ulang PC Windows 10

Cara Mengatur Ulang PC Windows 10

Ulum in Windows 10
  ·   2 min read
Cover Menghapus Windows Old

Cara Menghapus Windows Old

Ulum in Windows 10
  ·   2 min read